Berakhirnya Windows XP

Setelah lebih dari satu dekade, Microsoft akhirnya harus menghentikan dukungannya terhadap sistem operasi Windows XP. Banyak analis yang meramalkan bahwa setelah dukungan tersebut selesai, makin banyak malware yang akan menyerang pengguna.

Bagaimana cara bertahan menggunakan Windows XP setelah Microsoft mengakhiri dukungannya? Berikut adalah beberapa tips yang bisa pengguna lakukan, seperti yang disarikan dari situs Digital Trends.
Microsoft mengakhiri dukungannya terhadap Windows XP pada 8 April mendatang. Setelah tenggat tersebut, tidak ada lagi security update atau tambalan sistem terhadap lubang keamanan yang muncul. Walau demikian, masih banyak pengguna yang berpikir bahwa Windows XP saja sudh cukup bagi mereka.

Berakhirnya dukungan terhadap XP tidak akan memberikan banyak perubahan yang signifikan pada awalnya. Instalasi XP milik pengguna tidak akan hilang atau berhenti bekerja. Pengguna juga tidak akan kehilangan fitur-fiturnya. Bahkan, dukungan teknis juga masih mudah untuk didapat.
Banyak referensi bagaimana cara mengutak-atik Windows XP di internet, dan literatur tersebut masih bisa mudah didapat.
Bagaimanapun, dengan berhentinya security update bakal memunculkan kesempatan baru bagi para penyebar malware. Windows XP akan menjadi sasaran empuk karena selain tak lagi mendapat dukungan Microsoft, penggunanya juga masih lumayan banyak.
Untuk berjaga-jaga, pengguna bisa mengunduh dan meng-install antivirus gratis, seperti Avast atau Avira. Selain itu, install semua update terbaru Windows yang belum sempat Anda pasang.
Selain sistem operasinya, pengguna juga perlu memperbarui aplikasi-aplikasi yang masih digunakan, seperti browser dengan plugin-nya, seperti Java.
Pastikan juga data-data penting dalam komputer memiliki backup. Software penyimpan data cadangan, seperti Crashplan atau Cobian bisa digunakan untuk tujuan ini.

Menimbun driver dan software
Imbas dari berhentikannya dukungan Microsoft terhadap Windows XP secara perlahan juga membuat vendor software lain meninggalkan sistem operasi tersebut. Artinya, driver-driver baru yang dibutuhkan XP tak lagi akan dirilis.
Software driver yang kompatibel dengan Windows XP secara perlahan nanti juga bakal langka. Software driver ini dibutuhkan apabila ada file yang korup, atau Anda ingin menginstal ulang Windows XP.
Karena itu, mulai saat ini cari dan simpanlah driver-driver tersebut. Kumpulkan driver software yang dibutuhkan oleh motherboard, VGA, sound card, printer, monitor dan semua hardware yang masih Anda gunakan. Simpan di tempat yang aman dan kalau perlu juga buat backup datanya.
Hal yang sama juga berlaku untuk software-software penting lainnya, speerti software disk management, performance tweaks, dan sebagainya.

Buat software recovery
Windows XP disertai dengan sebuah disk recovery. Disk ini berguna jika sewaktu-waktu sistem operasi mengalami masalah, namun tak ingin menginstal ulang sistem operasi dari nol.
Jika CD tersebut hilang, pengguna masih bisa membuat disk baru dari software recovery yang dimiliki sistem. Namun, Microsoft tidak menyertakan tool natif untuk membuat recovery CD dalam XP. Karena itu, biasanya CD tersebut disertakan oleh vendor PC desktop atau notebook.
Pilihan lainnya, gunakan sofware backup utility utuk membuat file image keseluruhan drive dalam sistem pengguna. Software seperti Acronis True Image bisa digunakan untuk membuat cadangan data serta sistem operasi dan semua settingan yang digunakan.

Bergabung dengan forum yang membahas XP
Hingga kini pengguna Windows XP masih relatif banyak, beberapa dari mereka berkelompok dan tergabung dalam forum-forum online yang membahas hal-hal tentang Windows XP. Dengan bergabung dengan forum tersebut, pengguna bisa berdiskusi dan menvcari informasi troubleshooting.
Beberapa forum Windows XP yang populer antara lain Windows Forum, XPforums.com, dan WindowsBBS.
Bagaimanapun, dengan berbagai tips tips di atas, pengguna tidak bisa selamanya bertahan dengan Windows XP. Suatu saat nanti pengguna harus melakukan upgrade atau mengganti hardware baru yang mungkin sudah tidak lagi mendukung XP

source: http://tekno.kompas.com/read/2014/03/26/1423091/Tips.Penting.Jelang.Kematian.Windows.XP
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s